(Desember 1982 hingga Maret 1983)

Jadwal:

Jakarta (Pulau Jawa)

Bogor

Pulau Putri

Ujung Pandang (Kepulauan Celebes atau Sulawesi)

Kendari

Surakarta

Bandung

Kembali ke Jakarta

Foto Indonesia (Klik pada foto di bawah ini kemudian, di panah di sebelah kanan)

danse-bali

LAPORAN PERJALANAN SAYA KE INDONESIA:

Pada usia 19, saya berpartisipasi dalam pertukaran internasional dengan PEMUDA DUNIA  KANADA. Berikut adalah deskripsi program dari situs web mereka: « Young Leaders in Action adalah program unik selama 6 bulan untuk anak berusia 17 hingga 25 tahun. Program timbal balik ini dibagi menjadi dua fase 3 bulan, satu di Kanada dan satu di luar negeri, dan para pemuda berpartisipasi bersama dalam kedua fase. Selama program ini, relawan muda berkontribusi pada proyek pembangunan yang dipimpin masyarakat yang berfokus pada kesehatan, lingkungan atau pemerataan gender, tinggal bersama keluarga tuan rumah dan berpartisipasi dalam kegiatan pendidikan yang diselenggarakan oleh kaum muda. »

Setelah melewati tahapan seleksi, dengan sukacita dan kegembiraan yang saya pelajari beberapa minggu kemudian bahwa aplikasi saya telah dipilih untuk Indonesia.

BAGIAN PERTAMA DARI PROGRAM INI: SASKATCHEWAN

Program pertukaran dimulai dengan tiga minggu di Camp Rayner di Danau Diefenbaker di Saskatchewan. Saya bertemu dengan semua peserta Kanada dan Indonesia di sana. Kami mengadakan pertemuan persiapan untuk perjalanan  dan mengadakan pertunjukan budaya. Kami juga mengunjungi Regina, ibukota.

Saya kemudian berangkat ke North Battleford bersama kelompok kecil saya yang tenyandang delapan orang Kanada dan delapan orang Indonesia. Saya tinggal bersama Jim dan Vivian Phelps, orang tua dari tiga anak yang cantik: Freddy, Bonnie dan Jay. Saya dipasangkan dengan Yayuk, seorang gadis muda Jawa dari keluarga kaya yang ayahnya adalah salah satu pengawal Presiden Soeharto.

Di tempat kerja, « rekan » saya adalah Ilza Mayuni, penduduk asli pulau Sumatera. Kami bekerja bersama perawat, dokter gigi, ahli gizi, dan pekerja sosial di PUSAT KESEHATAN INDIA BATTLEFORD. Kami menemani para perawat dalam tur mereka di tujuh cadangan India di sekitarnya (Sweetgrass, Thunder Child, Onion Lake, dll.) untuk membantu mereka dalam lokakarya pendidikan populer mereka. Kami juga telah bekerja di beberapa sekolah prasekolah dan sekolah  dasar. Itu sangat formatif untuk Ilza dan aku. Staf di Center sangat ramah dan ramah dengan kami selama kami tinggal.

Di luar jam kerja, kelompok kami yang t tutulkan enam belas peserta sering berkumpul kembali. Kami mengadakan pertemuan rutin dengan John Carty, pemimpin kelompok Kanada kami, dan Akhiar Ibrahim, yang Indonesia  kami. Kami juga memiliki mandat untuk mengadakan pertunjukan yang mewakili budaya kami masing-masing untuk komunitas tuan rumah kami. Ilza menunjukkan kepada kami tiga tarian Indonesia (Indang, Sarendo dan Joli-Joli). Kami telah mengumpulkan repertoar lagu dalam bahasa Indonesia, Inggris dan Prancis. (Martin Gingras, satu-satunya francophone lain di band, tampil dengan saya lagu « Dondaine La Ridaine. ») Cindy, Hari, Sanjiv, Michel dan aku telah menyiapkan pertunjukan balet  jazz. Pamela, Tim, Martin, Robin, Rahman, Yayuk, Eka dan aku menggelar tarian persegidari Quebec. Saya menyiapkan sepotong pada seruling, disertai dengan pianis profesional.  Pertunjukan budaya tarian, nyanyian, dan musik ini sukses.

Saya memiliki kesempatan untuk melakukan beberapa perjalanan singkat – di luar pekerjaan – selama saya tinggal di North Battleford: Yayuk  dan saya menghabiskan akhir pekan dengan keluarga tuan rumah kami di pondok mereka di Jack-Fish Lake. Saya dan kelompok saya pergi mengunjungi kelompok  CWY lain  di Rosetown. Kami juga mengunjungi Saskatoon dan bertemu dengan kelompok  CWY  lainnya. Itu selalu sangat menyenangkan dan merangsang untuk melihat peserta lain sambil menemukan tempat-tempat baru.

Saya memiliki kenangan indah tiga bulan kehidupan kelompok intensif di Saskatchewan. Orang Kanada dan Indonesia, kami saling mengenal melalui budaya kami yang bertentangan secara diametris. Saya memperdalam bahasa Inggris saya, belajar « Bahasa Indonesia » dan menemukan banyak hal: prinsip-prinsip Islam, budaya  Indonesia, mentalitas    dan tradisi, dll.

BAGIAN KEDUA DARI PROGRAM INI: INDONESIA

Setelah minggu penilaian kami di Regina, kami naik kereta langit, menyeberangi Alberta dan Rockies ke Vancouver di mana kami menghabiskan tiga hari di sebuah asrama. Ada banyak dari kami (64 peserta) karena tiga kelompok lainnya dari Saskatchewan juga ada di sana. Kami mengadakan « pertemuan » tetapi juga dapat mengunjungi kota Vancouver yang indah dan Kota Cina serta Pulau Victoria.

Keberangkatan besar untuk Indonesia kemudian tiba. Kami naik bus ke Seattle, Washington. Kami naik Boeing 747 ke arah Narita, Jepang. Penerbangan trans-Pasifik berlangsung selama 9 jam 50 menit. Aku ingat melakukan begitu banyak sosial sehingga aku hampir tidak tidur. Penerbangan kedua kami, berlangsung tujuh jam, membawa kami ke Bangkok, Thailand. Kami menghabiskan lima jam malam singkat di hotel yang bagus sebelum kembali ke bandara. Penerbangan ketiga: ke Singapura: penerbangan tiga jam. Dan akhirnya, penerbangan keempat kami membawa kami ke tujuan akhir kami: Jakarta (1 jam 30 menit penerbangan).

Saya tiba kelelahan dari asrama dan ketika saya pergi tidur, saya pergi ke trans selama beberapa menit; Aku benar-benar lumpuh. Saya tidak bisa menggerakkan anggota tubuh dan tidak ada suara yang keluar dari mulut saya ketika saya ingin memperingatkan teman sekamar saya tentang kondisi saya. Pikiranku terlepas dari tubuhku dan aku bisa melihat diriku tinggi, berbaring di tempat tidur. Itu menakutkan! Ketika saya kembali ke diri saya sendiri, saya merasa benar-benar lega. Sungguh pengalaman transenden yang luarbiasa!

Keempat kelompok CWY  tersebut menghabiskan waktu tiga hari di Jakarta. Kami merayakan Natal, menghadiri beberapa pertemuan dan mengunjungi: ibu kota dengan masjidnya yang terkenal sebagai yang terbesar di Asia Tenggara, Miniatur Indonesia (taman besar dengan tempat tinggal tradisional yang mewakili berbagai provinsi Di Indonesia), « Kebun Raya » di Bogor (Glorious  Gardens) dan Pulau Putri.

Yayuk membawaku kerumahnya. Saya juga pergi ke  rumah Dadang H. Djajadiningrat. (Dadand adalah  kekasih Indonesia saya pada waktu itu. )  Saya merasa istimewa untuk melihat lingkungan masing-masing dan untuk dapat mengenal anggota keluarga masing-masing. Selain itu, teman baik saya Sherley membawa saya ke rumah rekannya Rita dan Yana membawa kami untuk melihat kediaman mewah bibinya.

Setelah tiga hari sibuk di Jakarta, keempat kelompok tersebut berpisah untuk bergabung dengan komunitas tuan rumah mereka. Kelompok saya terbang dari Jawa ke Kepulauan Celebes (Sulawesi). Yayuk dan saya disambut di Kusnun, keluarga asuh kami,    di Kendari. Ayah dari keluarga adalah seorang bankir. Aku ingat beberapa hari yang dihabiskan bersama keluarga ini. Kami membeli sayuran di pasar jalanan kecil, berlari setelah ayam di halaman untuk membuat makan malam kami, makan hidangan tradisional Indonesia yang sangat baik di rumah dan di    restoran.

Kami kemudian berangkat ke Lembo, komunitas tuan rumah kami yang kecil dan terisolasi, tanpa air mengalir, tanpa listrik dan tidak ada sarana transportasi kecuali sepeda untuk seluruh desa. Kami menghabiskan dua setengah bulan di sana. Saya tinggal bersama pasangan yang cantik (Ayah Mordini, 41 dan mama Welipau, 38), orang tua dari empat anak (Walija, 12, Nilawati, 10, dan Wanisa, 8, dan Rahim, 2) dengan « rekan » baru saya Eka. Kami memiliki kamar dengan hanyaperabotan, tempat  tidur ganda dengan jaring untuk melindungi kami dari serangga. Keluarga kecil itu tidur di lantai di dua kamar lain di atas karpet tipis yang dikepang dengan daun palem.

Saat makan, Eka dan saya duduk di meja bersama ayah keluarga dan berhak atas garpu untuk makan karena kami adalah tamu. Ibu dan anak-anak makan dengan tangan kanan mereka, duduk di lantai di depan api kayu kecil yang digunakan untuk memasak, di ruangan kecil di belakang rumah. Di halaman, ada sumur dan polong kecil. Kami menggunakan air dari sumur untuk mencuci diri – dengan tangan kiri kami, seperti kebiasaan – setelah melakukan kebutuhan kami. Karena kami tidak mandi, kami akan pergi ke sungai untuk mencuci dan mencuci cucian kami. Kami harus menjaga sarung kami setiap saat; Mengenakan pakaian renang akan mengganggu tamu Muslim kami.

Selama kami tinggal di Lembo, menu selalu tetap sama, tiga kali sehari: ikan goreng, nasi, dan kopi (kopi) yang sangat manis. « Ayah », ayah dari keluarga tuan rumah kami, juga makan persiapan gelatin transparan yang tidak pernah berhasil saya hargai rasa dan teksturnya. Saya ingat hari perayaan di desa; Kami disanyani ayam. Wow! Sungguh menyenangkan untuk memvariasikan menu kami! Saya juga ingat roti yang disiapkan « ibu » (ibu) kami terutama untuk kami. Kami memakannya dengan rasa dan rasa syukur! Kami juga menikmati mangga, lembut dan berair, yang mengundang penduduk desa untuk datang dan mencicipinya setiap jam sepanjang hari.

Ilza dan saya memberikan kelas tari Indonesia di kelas sekolah dasar dan bahasa Inggris di sekolah menengah desa. Kami juga berpartisipasi dalam pekerjaan seperti memotong rumput masjid dengan parang, membuat lapangan voli dan membangun jalan dengan orang-orang desa.

Seminggu sekali, kami berjalan dua kilometer ke satu-satunya pasar di daerah itu dan membantu membawa kembali ikan, beras, tepung, gula, dll.

Penduduk desa berkumpul sekali atau dua kali seminggu di «  balai desa  »  (tempat pertemuan yang terdiri dari panggung yang ditutupi dengan atap daun palem) untuk menari dengan suara musik tradisional yang dimainkan di perkusi. Mereka mengajarkan kami gerakan menari, berulang dan agak primitif tetapi, kami senang bergabung dengan mereka untuk tarian ramah ini dalam lingkaran.

Kami meninggalkan desa selama sehari untuk berenang di laut. Beberapa penduduk desa menemani kami. Untuk sampai ke sana, kami harus berjalan 14 kilometer pulang pergi di bawah terik matahari. Kami senang seperti ikan di dalam air meskipun tidak nyaman mengenakan sarung untuk mandi. Penduduk desa tinggal di bawah naungan tempat penampungan kecil untuk melihat kami dan menderita panas. Mereka lari dari matahari karena bagi mereka, memiliki kulit gelap identik dengan kemiskinan dan sebaliknya, memiliki kulit yang adil identik dengan kekayaan. Mereka sering memakai lengan panjang dan meletakkan krim putih di  wajah mereka. Kriteria kecantikan mereka jelas sangat berbeda dari kita!

Saya telah sangat meningkatkan kemampuan saya untuk berbicara bahasa Indonesia. Orang Indonesia terkejut dengan pengetahuan saya tentang bahasa mereka dan bangga bahwa saya tertarik padanya. Bagi saya, itu adalah gerbang yang bagus untuk terhubung dengan mereka.

Kami melakukan beberapa kelompok outing. Kami pergi ke Tinobu selama tiga hari. Kami tinggal bersama keluarga. Kami adalah daya tarik desa; selalu ada kerumunan di sekitar kami, bahkan di rumah-rumah! Kami melakukan dua ekspedisi perahu: satu ke Pulau  Kramat dan yang lainnya ke Air Panas di mana kami melihat mata air panas yang luar biasa. Dan akhirnya, kami menghabiskan tiga hari di Bokari Island, sebuah desa nelayan dengan rumah-rumah di panggung.

Pada akhir kami tinggal di Lembo, perpisahan itu memilukan; Saya tahu bahwa saya mungkin tidak akan pernah melihat keluarga tuan rumah saya dan semua penduduk desa yang ramah lagi. Tidak seperti peserta lain, saya akan tinggal dengan sukarela lebih lama; Aku sangat menyukainya.

Kami berangkat ke Kendari di mana kami mengadakan empat hari rapat evaluasi dengan tiga kelompok CWY  lainnya. Kami memiliki begitu banyak untuk diceritakan! Kami kemudian terbang ke Ujung Pandang. Kami mengunjungi rumah-rumah toraja di panggung dan atap dalam bentuk tanduk kerbau.

Kami naik pesawat lain ke Bali, pulau kecil yang indah ini dengan 10.000 kuil Buddha. Kami semua peserta CWY  bersama-sama. Kami berkeliling pulau dengan bus dan melihat pantai, kuil, sawah teras  yang    indah,pertunjukantari tradisional, dll. Gede, teman baik Indonesia lainnya, yang lahir di Bali, mengundang saya untuk bergabung dengan kelompoknya untuk mengunjungi rumahnya. Saya adalah satu-satunya  tamu  Kanada yang pergi ke tempatnya; Aku merasa benar-benar istimewa!

Kami kemudian melakukan perjalanan melintasi pulau Jawa dengan bus dan mengunjungi situs Buddha terbesar di dunia, Borobudur dan situs Hindu Prambanan dengan 240 kuil Shivaite-nya.   Kami menghabiskan beberapa hari di  Yogyakarta sebelum kembali ke titik awal kami: Jakarta. Dua minggu pariwisata ini sangat menyenangkan dan mengakhiri program pertukaran kami dengan baik.

Pada saat keberangkatan besar ke Kanada, perpisahan antara peserta Kanada dan Indonesia memilukan. Kami memiliki pengalaman kelompok  yang  hebat  bersama-sama!

Kami kembali ke Kanada melalui Singapura, Thailand, dan Seattle di Amerika Serikat. Kami memiliki tiga hari pertemuan di Vancouver untuk melihat kembali program dan mempersiapkan diri untuk kejutan kembali. Setelah perpisahan memilukan lainnya, para peserta Kanada berpisah, dan masing-masing terbang ke provinsi asal mereka. Saya berhenti di Saskatchewan untuk kembali ke keluarga tuan rumah dan karyawan saya di Pusat Kesehatan India Battleford. Itu adalah reuni besar.

Ketika saya tiba di bandara Kota Quebec dengan topi Indonesia kerucut di kepala saya, saya disambut dengan kegembiraan oleh keluarga saya. Saya sangat senang melihat semua orang lagi setelah ketidakhadiran saya yang berkepanjangan. Bulan-bulan berikutnya adalah periode penyesuaian yang panjang. Pelatihan yang ditawarkan oleh CWY  tidak lagi, jadi saya harus membawa hidup saya kembali ke tangan saya sendiri. Aku merindukan kehidupan kelompok dan teman-temanku dari enam bulan terakhir. Perjalanan ke sisi lain planet ini adalah yang paling signifikan dalam hidupku. Pengalaman luar biasa ini membuka hati saya kepada dunia dan kenangan indah tidak pernah meninggalkan saya.